Read more: http://ajatshare.blogspot.com/2013/08/cara-memasang-meta-tag-seo-friendly-dan.html#ixzz3Dpl4 Ctt1 nhie tea: Jumat , 5 April 2012

Laman

Jumat , 5 April 2012

Bolu peuyeum keju yang tersohor itu...salah satu pesanannya Teh Tetty dari karawang, orderan yang nhie kerjakan sehari sebelum kopdar LBT di Bandung, mateng jam 1 siang setelah difoto nhie taro di atas kulkas...and "there was an accident" dan bolunya rusak ...hiks pengen nangis bombay soalnya peuyeumnya udah abis sementara cari peuyeum jam 1 siang pasti gak bakalan nemu, sementara cake akan diantar besok pagi ikut jadwal keberangkatan travel jam 10 dan paginya juga nhie musti siap-siap u acara kopdar LBT, halah mulut udah manyun gak keruan , Alhamdulillah ocinku (ojeg cinta xixixixi) nemenin nhie nyari peuyeum ke pasar antri, gak ada, ke pasar atas juga gak ada hopelesssss , kakang nawarin ke pasar kosambi tapi kasian kejauhan dan belum tentu dapet juga, singkat cerita qta nyoba cari ke pasar cimareme ...di seperempat perjalanan tanpa sengaja nhie liat bapa2 bawa gerobak dengan keranjang khas tukang peuyeum , dari kejauhan nhie amatin , eh si bapa bergaya sambil dengerin musik lewat earphone jadi gak ngeh klo sedari tadi nhie udah ngamati dan coba nanya, pas nhie tanya Alhamdulillah bener aja peuyeum dan dalam hati nhie berjanji gak akan ditawar berapapun harganya...alhamdulillah dapet peuyeum bagusdengan harga ya wajar2-wajar saja, terimakasih Ya Allah sudah mempermudah urusan Nhie...resep bolu 
peuyeumnya teh Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani nhie copasin

Bahan:
300 gram tape singkong (peuyeum), buang sumbunya
75 ml santan kental KARA (atau bisa pakai SKM) kemaren nhie pake Kara kemasan 65 ml ditambah 2 sdm SKM
180 gram terigu protein sedang
1 sdt baking powder
5 butir telur ukuran sedang
1 sdt cake emulsifier (optional)
180 gram gula pasir
1/2 sdt essence vanilla
150 gram margarin, lelehkan
50 gram keju cheddar parut

Taburan:
50 gram keju cheddar parut
Almond slice 
Kismis 
atau sesuai selera

Cara membuat:
1. Siapkan loyang tulban (loyang bulat yg berlubang di tengah) diameter 22 cm. Olesi margarin dan taburi tipis dengan terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
3. Panaskan oven 160'C (jangan terlalu panas karena memanggangnya cukup lama)
4. Haluskan tape singkong dengan garpu, campur dengan santan kental (atau SKM). Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai mengembang, putih dan benar-benar KENTAL. Tambahkan essence vanilla. Kocok rata sebentar.
6. Masukkan campuran tape singkong sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah hingga merata.
7. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.
8. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan spatula. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
9. Tuang ke dalam loyang. taburi dengan keju / Almond atau sesuaiseleraPanggang dalam oven selama 45-60 menit sampai kecoklatan dan matang. Lakukan test tusuk hingga bersih.
10. Angkat. Biarkan sebentar dalam loyang. Kemudian keluarkan dan potong-potong.

Notes:
- Gunakan tape singkong yang sudah tua agar manis rasanya, tapi jangan yang sudah terlalu lembek dan berair karena resiko bantat.
- Kocok telur harus sampai benar-benar KENTAL agar saat dimasukkan tape singkong adonan telur tidak turun lagi.
- Pasang panas oven sekitar 160-170'C aja, jangan terlalu panas karena pemanggangannya cukup lama (45-60 menit), klo terlalu panas nanti bagian luar dan atas sudah gosong tapi cake belum matang. Lakukan test tusuk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar